CALL / SMS : 0818 086 4477 5 (felix)
Blackberry PIN : D3627609
ARTICLES
Sajian beberapa article menarik dari kami

Tips Memilih dan Merawat Jok Kulit

May 20, 2014 at 13:46:21, by admin

Perawatan sebuah mobil harus dilakukan secara teratur, terutama dalam menganti spare part mobil termasuk jok mobil. Pemilihan jok mobil yang baik akan mempengaruhi kenyamanan pengguna mobil. Pada dasarnya jok mobil terdiri dari dua jenis yaitu jok sintetik (disebut juga semi kulit, red.) dan jok asli kulit.

Setiap jenis jok mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Misalnya, jok semi kulit bila dilihat dari harga yang ditawarkan memang murah dan relatif terjangakau untuk semua kalangan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh jok semi kulit adalah dari biaya pembuatan jok yang hanya membutuhkan dana sekitar 2 – 2,5 juta untuk mobil jenis sedan, dan 2,5 juta untuk SUV. Ditambah lagi dari perawatan yang cukup mudah bila dibandingkan dengan jok kulit asli. Kekurangan yang dimiliki adalah mudah menyerap panas sehingga akan menganggu kenyamanan. Disisi lain bahannya akan mudah melar bila pemakaian sudah mencapai satu tahun.

Sementara itu untuk jenis jok kulit asli mempunyai beberapa kelebihan. Jok yang memakai bahan kulit asli 100%, warna kulit tidak akan pudar dalam pemakaian normal. Cepat melepas panas, sehingga tidak terasa panas saat bersentuhan dengan tubuh. Kekurangan dari jok ini adalah perawatan yang agak ribet, mudah kotor, dan harganya yang relatif mahal. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan jok ini sekitar 3,5 – 4,5 juta untuk mobil jenis sedan.

Perawatan yang bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah ialah dengan menggunakan kain lap basah untuk membersihkan kulit dari debu. Bila membutuhkan perawatan yang maksimal dapat menggunakan cairan pembersih vinyl, lotion khusus seperti yang ada di pasaran . Lotion ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak mudah retak-retak.

Cara untuk membedakan antara kulit asli dan semi kulit adalah kulit asli bersifat lembut, selalu terlihat awet dan basah, dan kulit asli juga tersedia dalam bentuk lembaran. Sementara itu jok semi kulit akan terlihat mengkilap dan kering, biasanya tersedia dalam bentuk gelondongan, dan bila ditekuk akan memudar karena melar. Namun, hal ini mungkin tidak terjadi pada semua merek.